Netiquette merupakan Etika dalam menggunakan Internet. Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas, diperlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet.
Sebenarnya Nettiquette in adalah hal yang umum dan biasa, sama hal nya dengan aturan-aturan biasa ketika kita memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka.
Beberapa aturan yang ada pada Nettiquete ini adalah:
Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, dapat dimulai dari mengamankan komputer anda, dengan memasang anti virus atau personal firewall
Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengunggah data pribadi anda. dan anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju telah dijamin keamanannya.
dan yang paling utama adalah, hargai pengguna lain di internet, caranya sederhana yaitu,:
a. jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.
b. jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalkan melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit
c. jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.
d. jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan teriak-teriak pada komunitas sesungguhnya.
e. jangan flamming (memanas-manasi), trolling (keluar dari topik pembicaraan) ataupun junking (memasang post yang tidak berguna) saat berforum.
Contoh kasus netiquette
ada seseorang yg membuat thread di www.kaskus.us tentang penjualan barang elektronik yaitu handphone lalu di thread yg di postkan oleh orang td itu ada orang yg mengomentari threadnya dengan cara memaki maki mengeluarkan kata kata yg sangat kasar dan menjatuhkan reputasi si pembuat thread tersebut . lalu comment itu pun langsng di hapus oleh admin yg bertugas di situs tersebut
Minggu, 16 Oktober 2011
Minggu, 09 Oktober 2011
Pemanfaatan Internet
Makin hari semua masyarakat semua nya seperti ketergantungan dengan internet,,,baik untuk hal pendidikan,sosialisasi,bahkan untuk bermain sekalipun,saya sendiri banyak sekali mendapatkan manfaat dari internet ini,,,salah satu nya adalah pencarian bahan-bahan pelajaran saya,,atau hal-hala yang sangat saya sukai seperti music,,,untuk mencari artikel tersebut banyak search engine yang memfasilitasi nya,,salah satu nya adalah google,,,waaaah ini mah siapa yang ga kenal search engine yang satu ini,,,di sini berjuta-juta rtikel yang bisa kita dapatkan,,,,selain internet sebagai solusi untuk mendapatkan informasi,,dengan internet sekarang saya juga bisa menemukan dengan temen-temen saya pas saya masih muda dulu (HEHEH kaya dah tua aja) pas masa-masa sekolah dulu
,,dengan menggunakan facebook saya bisa bertemu dengan temen-temen saya,,,senang sekali rasanya bisa bertemu dengan mereka lagi,,ternyata internet memang memberikan manfaat yang banyak untuk kita,,,dulu saya awam sekali dengan namanya internet bahkan untuk email saja saya bingung sekali,,untung ada temen saya yang mau mengajarkan saya,,,dan semenjak itu saya tertarik untuk mendalami lagi bagaimana sih internet itu,dan dengan internet saya bisa ngapain aja,,,,dan saya pun banyak mebaca dan bertanya-tanya ke sana ke mari untuk mengetahui cara penggunaan internet seperti apa,,dan akhirnya sampailah ketahap sekarang ini,,,saya bisa mengetahui bnyak sekali hal-hal tentang internet,,ditambah saya kuliah ddi kampus yg berbasis dengan komputer,,,makin bertambahlah ilmu saya tentang pemanfatan internet ini,,,,,,,
,,dengan menggunakan facebook saya bisa bertemu dengan temen-temen saya,,,senang sekali rasanya bisa bertemu dengan mereka lagi,,ternyata internet memang memberikan manfaat yang banyak untuk kita,,,dulu saya awam sekali dengan namanya internet bahkan untuk email saja saya bingung sekali,,untung ada temen saya yang mau mengajarkan saya,,,dan semenjak itu saya tertarik untuk mendalami lagi bagaimana sih internet itu,dan dengan internet saya bisa ngapain aja,,,,dan saya pun banyak mebaca dan bertanya-tanya ke sana ke mari untuk mengetahui cara penggunaan internet seperti apa,,dan akhirnya sampailah ketahap sekarang ini,,,saya bisa mengetahui bnyak sekali hal-hal tentang internet,,ditambah saya kuliah ddi kampus yg berbasis dengan komputer,,,makin bertambahlah ilmu saya tentang pemanfatan internet ini,,,,,,,
Minggu, 02 Oktober 2011
Pengalaman Pertama Menggunakan Internet
Saya sudah cukup lama berkecimpung di dunia Internet. Pada awalnya ketika saya memiliki komputer pada kelas 5 SD, saya suka ‘menjelajah’ komputer termasuk program Internet Explorer.
Saya pertama kali menggunakan internet pada kelas 6 SD. Situs pertama yang saya gunakan adalah www.google.com . Selain itu www.yahoo.com merupakan situs ke 2 yang saya gunakan.
Saya menggunakan situs tersebut untuk mengerjakan tugas yang di berikan guru saya ketika saya SMP. Selain itu, situs social networking pertama yang saya gunakan adalah Friendster ketika saya kelas 3 SMP. Ketika itu, Friendster merupakan website social networking yang terkenal.
Selain Friendster, salah satu Social Networking yang sangat di gemari adalah Live Connector. Live Connector memiliki fungsi social Networking yang berbeda dengan Friendster. Pada Live Connector menggunakan Web Cam untuk tatap muka.
Saya pertama kali menggunakan internet pada kelas 6 SD. Situs pertama yang saya gunakan adalah www.google.com . Selain itu www.yahoo.com merupakan situs ke 2 yang saya gunakan.
Saya menggunakan situs tersebut untuk mengerjakan tugas yang di berikan guru saya ketika saya SMP. Selain itu, situs social networking pertama yang saya gunakan adalah Friendster ketika saya kelas 3 SMP. Ketika itu, Friendster merupakan website social networking yang terkenal.
Selain Friendster, salah satu Social Networking yang sangat di gemari adalah Live Connector. Live Connector memiliki fungsi social Networking yang berbeda dengan Friendster. Pada Live Connector menggunakan Web Cam untuk tatap muka.
Kamis, 21 April 2011
apakah saya berevolusi ?
Sepertinya tidak
karena manusia secara fitrah diciptakan khusus oleh sang Pencipta.
Mulai dahulu hingga sekarang, adakah bukti kalau manusia mengalami evolusi ?
apakah manusia berasal dari suatu bentuk tertentu yang dikemudian hari akan berubah ke bentuk yang lain?
Memang manusia berasal dari perpaduan sperma dan ovum yang berasal dari kedua orang tua. tapi hal itu tidaklah cukup untuk membuktikan bahwa manusia berevolusi. tapi hal itu membuktikan awal mula proses kejadian manusia bukan evolusi.
sesuatu dikatakan mengalami evolusi apabila telah mengalami perubahan bentuk , sifat dan kekhususan yang mencirikan / membedakan dengan keadaan sebelumnya dan yang terpenting adalah setelah mengalami evolusi, proses pembentukannya tidak kembali ke proses awal melainkan terus-menerus mengalami perubahan dan pengembangan.
jadi perubahan dari air mani hingga menjadi manusia adalah suatu proses bukan fakta kejadian evolusi.
seandainya manusia mengalami evolusi pasti memiliki kemiripan baik itu bentuk , sifat, maupun karakteristik dengan makhluk hidup yang lainnya.
oleh karena itu sangatlah sayang jika kita mengatakan bahwa kita adalah produk evolusi dari suatu makhluk. toh makhluk yang kita anggap awal evolusi dari kita pun tidak dapat menyerupai diri manusia itu sendiri karena manusia memiliki akal yang membedakan dengan makhluk yang lainnya.
karena manusia secara fitrah diciptakan khusus oleh sang Pencipta.
Mulai dahulu hingga sekarang, adakah bukti kalau manusia mengalami evolusi ?
apakah manusia berasal dari suatu bentuk tertentu yang dikemudian hari akan berubah ke bentuk yang lain?
Memang manusia berasal dari perpaduan sperma dan ovum yang berasal dari kedua orang tua. tapi hal itu tidaklah cukup untuk membuktikan bahwa manusia berevolusi. tapi hal itu membuktikan awal mula proses kejadian manusia bukan evolusi.
sesuatu dikatakan mengalami evolusi apabila telah mengalami perubahan bentuk , sifat dan kekhususan yang mencirikan / membedakan dengan keadaan sebelumnya dan yang terpenting adalah setelah mengalami evolusi, proses pembentukannya tidak kembali ke proses awal melainkan terus-menerus mengalami perubahan dan pengembangan.
jadi perubahan dari air mani hingga menjadi manusia adalah suatu proses bukan fakta kejadian evolusi.
seandainya manusia mengalami evolusi pasti memiliki kemiripan baik itu bentuk , sifat, maupun karakteristik dengan makhluk hidup yang lainnya.
oleh karena itu sangatlah sayang jika kita mengatakan bahwa kita adalah produk evolusi dari suatu makhluk. toh makhluk yang kita anggap awal evolusi dari kita pun tidak dapat menyerupai diri manusia itu sendiri karena manusia memiliki akal yang membedakan dengan makhluk yang lainnya.
hal yang dilakukan untuk melestarikan kehidupan di bumi
Baiklah, menurut pendapat saya, apa yang sebaiknya dilakukan untuk melestarikan kelangsungan hidup di bumi?
Banyak sekali hal yang dapat dilakukan. Tetapi yang sudah saya lakukan sampai pada saat ini adalah, mengurangi penggunaan air yang berlebihan, tidak banyak menggunakan barang-barang yang berbahan dasar plastik, mengurangi penggunaan tissue/kertas, tidak menggunakan kendaraan pribadi dalam jangka waktu yang sering.
Itu adalah beberapa yang sudah saya lakukan, mungkin yang sedikit saya lakukan tidak berarti banyak. Tetapi jika setiap manusia berfikir tidak berarti banyak, maka akan menjadi apa bumi kita ini?
Kita sebagai objek pengguna bumi sebaiknya sebagai peran utama juga yang bertanggung jawab dan melestarikan bumi ini. Bayangkan saja, dan bandingkan bumi 10 tahun terakhir ini. Keadaan cuaca semakin tidak jelas dan tidak menentu, fenomena alam banyak terjadi.
Saya memiliki beberapa ide untuk melestarikan bumi ini demi kelangsungan hidup, baik manusia, hewan, ataupun tumbuhan. Tetapi ide ini mungkin tidak akan terwujud apabila kesadaran dari pengguna bumi terutama manusia telah mati.
Ide saya adalah, mengapa kita pengguna bumi tidak menggunakan "Public Transportation" kurangi sedikit penggunaan kendaraan pribadi, khususnya mobil pribadi. Betapa tidak menyedihkan ketika anda melihat di tengah kemacetan jalan, anda melihat hampir setiap dari pengguna mobil pribadi, di dalamnya hanya berisi 1 atau 2 orang. Penggunaan bahan bakar yang perlebihan juga akan memperlambat umur bumi kita.
Lalu menurut saya menggunaan tissue juga sebaiknya dikurangi, cobalah gunakan dengan sapu tangan atau handuk kecil.
Penggunaan air juga, mengapa tidak setiap rumah menampung air untuk hal-hal kecil seperti mencuci piring, alangkah baiknya apabila, tidak boros dalam pemakaiannya.
Paper Less, kurangilah penggunaan kertas. Jika anda ingin memperbanyak suatu dokumen yang tidak begitu sah, gunakanlah bagian kertas yang masih tersisa.
Kita sudah banyak mengetahui program dan wacana-wacana tentang menanam 1000 pohon, atau tidak menggunakan plastik. Lalu bagaimana kita tidak menerapkan satu ide dari banyak ide lain mengenai "Melestarikan Bumi Untuk Kelangsungan Hidup"
Wacana-wacana tersebut sudah terlalu sering kita dengar, lalu apakah kita masih mau tidak menghargai tempat kita bernaung? Sedikit yang kita lakukan akan berarti banyak di hari depan. Selama itu hal yang baik, lalu mengapa kita tidak memperdulikan? Siapa lagi yang akan menjaga dan melestarika bumi ini selain kita orang yang ada di dalamnya?
So, Lets Save Our Earth. Stop Global Warming!!!
Selamat dicoba dan pasti tidak akan dirugikan... :) God Bless Us
Banyak sekali hal yang dapat dilakukan. Tetapi yang sudah saya lakukan sampai pada saat ini adalah, mengurangi penggunaan air yang berlebihan, tidak banyak menggunakan barang-barang yang berbahan dasar plastik, mengurangi penggunaan tissue/kertas, tidak menggunakan kendaraan pribadi dalam jangka waktu yang sering.
Itu adalah beberapa yang sudah saya lakukan, mungkin yang sedikit saya lakukan tidak berarti banyak. Tetapi jika setiap manusia berfikir tidak berarti banyak, maka akan menjadi apa bumi kita ini?
Kita sebagai objek pengguna bumi sebaiknya sebagai peran utama juga yang bertanggung jawab dan melestarikan bumi ini. Bayangkan saja, dan bandingkan bumi 10 tahun terakhir ini. Keadaan cuaca semakin tidak jelas dan tidak menentu, fenomena alam banyak terjadi.
Saya memiliki beberapa ide untuk melestarikan bumi ini demi kelangsungan hidup, baik manusia, hewan, ataupun tumbuhan. Tetapi ide ini mungkin tidak akan terwujud apabila kesadaran dari pengguna bumi terutama manusia telah mati.
Ide saya adalah, mengapa kita pengguna bumi tidak menggunakan "Public Transportation" kurangi sedikit penggunaan kendaraan pribadi, khususnya mobil pribadi. Betapa tidak menyedihkan ketika anda melihat di tengah kemacetan jalan, anda melihat hampir setiap dari pengguna mobil pribadi, di dalamnya hanya berisi 1 atau 2 orang. Penggunaan bahan bakar yang perlebihan juga akan memperlambat umur bumi kita.
Lalu menurut saya menggunaan tissue juga sebaiknya dikurangi, cobalah gunakan dengan sapu tangan atau handuk kecil.
Penggunaan air juga, mengapa tidak setiap rumah menampung air untuk hal-hal kecil seperti mencuci piring, alangkah baiknya apabila, tidak boros dalam pemakaiannya.
Paper Less, kurangilah penggunaan kertas. Jika anda ingin memperbanyak suatu dokumen yang tidak begitu sah, gunakanlah bagian kertas yang masih tersisa.
Kita sudah banyak mengetahui program dan wacana-wacana tentang menanam 1000 pohon, atau tidak menggunakan plastik. Lalu bagaimana kita tidak menerapkan satu ide dari banyak ide lain mengenai "Melestarikan Bumi Untuk Kelangsungan Hidup"
Wacana-wacana tersebut sudah terlalu sering kita dengar, lalu apakah kita masih mau tidak menghargai tempat kita bernaung? Sedikit yang kita lakukan akan berarti banyak di hari depan. Selama itu hal yang baik, lalu mengapa kita tidak memperdulikan? Siapa lagi yang akan menjaga dan melestarika bumi ini selain kita orang yang ada di dalamnya?
So, Lets Save Our Earth. Stop Global Warming!!!
Selamat dicoba dan pasti tidak akan dirugikan... :) God Bless Us
mengganti nama planet bumi
jika saya di izinkan untunk mengganti nama planet bumi maka saya akan mengganti namanya menjadi "the dust planet" karena planet bumi kita ini terdapat banyak debu dmana mana .
Rabu, 06 April 2011
sad
LAPORAN PRAKTIKUM PSIKOLOGI FAAL
Nama Mahasiswa : Chandra Permana NPM : 11510557 Tanggal Pemeriksaan : 31 Maret 2011 | Nama Asisten : 1. Kak Retno 2. Paraf Asisten : |
- Percobaan : Indera Pendengaran
I.1 Nama Percobaan : Percobaan Rine
Nama Subjek Percobaan : Chandra
Tempat Percobaan : Laboratorium Psikologi Faal
- Tujuan Percobaan : Untuk membuktikan bahwa transmisi melalui udara lebih baik daripada tulang.
- Dasar Teori :
Pitch dan Loudnes. Suara yang dibedakan tekanannya berkolerasi dengan gelombang sinus. Suara semacam itu disebut nada murni (pure tone). Siklus gelombang menuju kompresi dan ekspansi udara seperti suara geombang yang selalu bergerak. Kedua karakteristik utama gelombang seperti itu adalah frekuensi dan amplitudo. Frekuensi diukur dengan jumlah getaran perdetik; yaitu beberapa kali perdetik sampai siklus gelombang suara diulang. Unit Hertz (singkatan Hz) digunakan untuk menunjukkan sikus perderik; yaitu suatu siklus perdetik sama dengan satu Hz. Amplitudo berhubungan dengan jumlah kompresi dan ekspansi udara, seperti digambarkan oleh panjangnya gelombang dimulai dari puncak sampai dasar kurva.
- Alat Yang Digunakan : Garpu tala
- Jalannya Percobaan :
- Penghantar Craniotymponal :
- Praktikan diminta memegang bagian bawah garpu tala ;
- Kemudian praktikan diinstruksikan untuk menggetarkan garpu tala dengan cara memukulnya ke benda logam (besi pada kursi) ;
- Setelah itu, letakkan garpu tala diatas kepala sampai nada menghilang
- Kemudian letakkan garpu tala di depan lubang telinga ;
- Rasakan dan dengarkan apakah bunyi/nada garpu tala masih terdengar atau tidak.
- Penghantar Aerotymponal :
- Praktikan diminta memegang bagian bawah garpu tala ;
- Kemudian praktikan diinstruksikan untuk menggetarkan garpu tala dengan cara memukulnya ke benda logam (besi pada kursi) ;
- Setelah itu, letakkan garpu tala dibelakang telinga (tetapi tidak sampai menempel di telinga) sampai nada menghilang.
- Kemudian letakkan garpu tala di depan lubang telinga ;
- Rasakan dan dengarkan apakah bunyi/nada garpu tala masih terdengar atau tidak.
- Hasil Percobaan :
- Hasil Craniotymponal :
Pada awal garpu tala diletakkan di puncak kepala nada terdengar keras dan bergetar namun perlahan nada tidak terdengar lagi, dan ketika praktikan meletakkan garpu tala di depan lubang telinga dan hasilnya masih terdengar (berdengung).
- Hasil Aerotymponal :
Pada saat garpu tala diletakkan di belakang telinga nada terdengar (berdengung) dan bergetar namun perlahan nada tidak terdengar lagi, dan ketika praktikan meletakkan garpu tala di depan lubang telinga dan hasilnya masih terdengar lebih nyaring.
- Hasil sebenarnya :
1. Ketika nada garpu tala sudah tidak terdengar lagi di puncak kepala, tetapi ketika diletakkan di depan lubang telinga nada suaranya masih terdengar.
2. Ketika nada garpu tala sudah tidak terdengar lagi di belakang telinga, tetapi ketika diletakkan di depan lubang telinga nada suaranya masih terdengar.
3. Semakin besar garpu tala, semakin berat suaranya.
4. Garpu tala dan telinga sejajar maka hantaran suaranya bagus.
5. Penghantaran suara lewat udara lebih baik daripada lewat tulang.
6. Pada orangtua, elastisitas membrane thympany-nya kurang sehingga terka- dang indera pendengarannya kurang berfungsi dengan baik.
7. Membrane thympany menggetarkan maleus, incus, stapes, sehingga ter-dengar suara.
- Kesimpulan :
- Ketika nada garpu tala tidak terdengar lagi dipuncak kepala, tetapi ketika diletakkan dilubang telinga nada suara masih terdengar.
- Daftar Pustaka :
- Miyoso, D.P,. Mewengkang L.N,. Aritomoyo, D,. (2010). Diagnosis Kekurangan Pendengaran.http://www.kalbe.co. Id/. 7 april 2011
I.2 Nama Percobaan : Pemeriksaan Ketajaman Pendengaran
Nama Subjek Percobaan : Chandra
Tempat Percobaan : Laboratorium Psikologi Faal
- Tujuan Percobaan : Untuk memeriksa ketajaman pendengaran
- Dasar Teori :
Frekuensi suara adalah jumlah tekanan perdetik,Diukur dalam hertz (Hz). Pitch adalah persepsi yang mendekati hubungan dengan frekuensi. Hukumnya adalah semakin tinggi frekuensi, maka semakin tinggi pitch nya.
- Alat Yang Digunakan : Arloji dan Meteran
- Jalannya Percobaan :
- Praktikan lain diminta memegang stopwatch kemudian diletakkan di sebelah telinga, jika yang ingin di uji telinga sebelah kanan maka telinga kiri ditutup ;
- Jauhkan stopwatch perlahan-lahan sampai suara detik dari stopwatch-nya sudah tidak terdengar lagi ;
- Kemudian praktikan lain diminta untuk mengukur jarak telinga sampai akhir suara dengan meteran.
e. Hasil Percobaan :
- Pengukuran jarak pada telinga sebelah kanan hasilnya 59 cm
- Pengukuran jarak pada telinga sebelah kiri hasilnya 64 cm.
- Hasil sebenarnya :
- Rata-rata diatas 50 cm.
- Sangat dipengaruhi oleh kebisingan
- Biasanya telinga sebelah kanan lebih jauh jaraknya daripada sebelah kiri.
- Kesimpulan :
- Jadi ketajam telinga kanan dan kiri itu berbeda dan sangat di pengaruhi oleh kebisingan
- Daftar Pustaka :
I.3 Nama Percobaan : Tempat Sumber Bunyi (Percobaan Weber)
Nama Subjek Percobaan : Chandra
Tempat Percobaan : Laboratorium Psikologi Faal
a. Tujuan Percobaan : Untuk menentukan sumber bunyi
- Dasar Teori :
Telinga adalah organ penginderaan dengan fungsi ganda dan kompleks (pendengaran dan keseimbangan) . Indera pendengaran berperan penting pada partisipasi seseorang dalam aktivitas kehidupan sehari-hari. Sangat penting untuk perkembangan normal dan pemeliharaan bicara, dan kemampuan berkomunikasi dengan orang lain melalui bicara tergantung pada kemampuan mendengar.
- Alat Yang Digunakan : Pipa karet
- Jalannya Percobaan :
- Praktikan diminta untuk meletakkan ujung-ujung pipa karet pada ujung lubang telinga ;
- Kemudian praktikan lain diminta untuk menekan/memencet bagian-bagian pada pipa karet, seperti bagian kanan, kiri, atau tengah ;
- Dan praktikan diminta menjawab pada bagian mana yang ditekan.
e. Hasil Percobaan :
- Ketika praktikan lain menekan pipa bagian kiri, praktikan menjawab dengan benar arah yang ditekan.
- Lalu ketika praktikan lain menekan pipa bagian kanan, praktikan menjawab dengan benar arah yang ditekan.
- Kemudian ketika praktikan lain menekan lagi pada pipa bagian tengah, praktikan menjawab dengan benar arah yang ditekan.
- Hasil sebenarnya :
- Kalau masih bisa membedakan kanan dan kiri berarti normal.
- Membedakan dibagian tengah atau belakang lebih atau cukup sulit.
f. Kesimpulan :
- Kalau masih bisa membedakan bunyi kanan dan kiri saat percobaan menggunakan pipa karet masih normal. Untuk membedakan bunyi pada bagian tengah memang cukup sulit. Dasar menentukan suatu gangguan pendengaran akibat kebisingan adalah adanya pergeseran ambang pendengaran, yaitu selisih antara ambang pendengaran pada pengukuran sebelumnya dengan ambang pendengaran setelah adanya pajanan bising (satuan yang dipakai adalah desibel (dB)). Pegeseran ambang pendengaran ini dapat berlangsung sementara namun dapat juga menetap.
g. Daftar Pustaka :
- NN. (2010). Kebisingan Suara. http://htts.wordpress.com/. 06 Maret 2010. 19.45
- Percobaan : Keseimbangan
II.1 Nama Percobaan : Kedudukan Kepala dan Mata Normal terhadap Keseimbangan Tubuh
Nama Subjek Percobaan : Chandra
Tempat Percobaan : Laboratorium Psikologi Faal
- Tujuan Percobaan :
- Untuk memahami bahwa cairan endolimph dan perilimph yang terdapat pada telinga bila bergejolak atau goyang akan menyebabkan keseimbangan seseorang akan terganggu ;
- Memahami bahwa keseimbangan yang terganggu mudah dikembalikan seperti sedia kala ;
- Melihat adanya nistagmus.
- Dasar Teori :
- Alat Yang Digunakan : Sapu tangan besar, Tongkat atau Batang yang bisa diberdirikan
- Jalannya Percobaan :
- Praktikan diminta untuk berjalan lurus dengan mata terbuka ;
- Kemudian praktikan diminta untuk kembali berjalan lurus ;
- Lalu praktikan diminta berbalik arah dengan mata tertutup kemudian kepala dihentakkan ke sebelah kanan atau kiri ;
- Praktikan diminta berjalan lagi dengan mata tertutup.
e. Hasil Percobaan :
- Pada saat berjalan dengan mata terbuka, praktikan dapat berjalan lurus.
- Kemudian saat praktikan diminta kembali berjalan dengan mata terbuka, masih dapat berjalan lurus.
- Namun saat praktikan diminta berjalan dengan mata tertutup setelah menghentakkan kepala ke sebelah kiri maka praktikan akan berjalan miring ke sebelah kanan.
- Hasil sebenarnya :
- Dalam sikap tubuh biasa praktikan dapat berjalan lurus atau tidak mengalami kesulitan.
- Tidak dapat berjalan lurus (ada kesulitan dalam berjalan), biasanya jalan ke kiri miring ke kanan, begitu pula sebaliknya.
f. Kesimpulan :
- Keseimbangan adalah kemampuan untuk mempertahankan orientasi tubuh dan bagian- bagiannya dalam hubungannyag dengan ruang internal. Keseimbangan tergantung pada continous visual, labirintin, dan input somatosensorius (proprioceptif) dan integrasinya dalam batang otak dan serebelum. Kesulitan berjalan lurus biasa dialami, hal ini dikarenakan cairan endolimph dan perilimph terganggu atau bergejolak. Dan pada saat percobaan kedua tidak terlalu kesulitan berjalan, karena cairan endolimph dan perilimph-nya normal kembali. Jika di putar kedua lebih pusing, maka cairan endolimp dan perilimph baru bekerja.
g. Daftar Pustaka :
- NN. (2009). Gangguan Keseimbangan. http://minepoems. blogspot.com/.di akses tanggal 7 april 201
II.2 Nama Percobaan : Percobaan kanalis semisirkularis horizontal
Nama Subjek Percobaan : Chandra
Tempat Percobaan : Laboratorium Psikologi Faal
- Tujuan Percobaan :
- Untuk memahami bahwa cairan endolimph dan perilimph yang terdapat pada telinga bila bergejolak atau goyang akan menyebabkan keseimbangan seseorang akan terganggu ;
- Memahami bahwa keseimbangan yang terganggu mudah dikembalikan seperti sedia kala ;
- Melihat adanya nistagmus.
- Dasar Teori :
- Alat Yang Digunakan : Sapu tangan besar, Tongkat atau Batang yang bisa diberdirikan
- Jalannya Percobaan :
- Praktikan diinstruksikan untuk berdiri tegak ;
- Kemudian praktikan diminta untuk menundukkan kepala dan menutup mata ;
- Setelah itu, praktikan diputar ke arah kanan sebanyak 3 kali ;
- Kemudian praktikan diminta untuk membuka mata dan diarahkan untuk berjalan ;
- Selanjutnya praktikan kembali diminta menundukkan kepala dan menutup mata lagi dan diputar kembali ke arah berlawanan (kiri) sebanyak 3 kali ;
- Kemudian praktikan diminta kembali membuka mata dan diarahkan untuk berjalan lagi ;
- Setelah itu, praktikan diminta merasakan perbedaan antara putaran pertama atau kedua yang membuatnya lebih pusing.
- Hasil Percobaan :
- Pada putaran yang pertama, lebih mengalami pusing dan kesulitan untuk berjalan lurus.
- Pada putaran yang kedua, lebih terasa biasa saja dan bisa berjalan lurus.
- Hasil sebenarnya :
- Biasanya mengalami kesulitan untuk berjalan lurus, normal dikarenakan cairan endolimph dan perilimph terganggu atau bergejolak.
- Biasanya tidak terlalu mengalami kesulitan untuk berjalan lurus seperti yang pertama kali karena cairan endolimph dan perilimph normal kembali.
- Kesimpulan :
- apabila cairan endolimph dan perilimph ternggangu atau bergejolak maka kita akan kesulitan untuk berjaalan lurus
- Daftar Pustaka :
- NN. (2000). Indera Pendengar. www.free.vlsm.org. Di akses tanggal 7 april 2011
II.3 Nama Percobaan : Nistagmus
Nama Subjek Percobaan : Chandra
Tempat Percobaan : Laboratorium Psikologi Faal
- Tujuan Percobaan :
- Untuk memahami bahwa cairan endolimph dan perilimph yang terdapat pada telinga bila bergejolak atau goyang akan menyebabkan keseimbangan seseorang akan terganggu ;
- Memahami bahwa keseimbangan yang terganggu mudah dikembalikan seperti sedia kala ;
- Melihat adanya nistagmus.
- Dasar Teori :
- Alat Yang Digunakan : Sapu tangan besar, Tongkat atau Batang yang bisa diberdirikan
- Jalannya Percobaan :
- Praktikan diinstruksikan untuk menunduk, kemudian tangan kanan memegang telinga dan tangan kiri memegang lutut sebelah kanan (silang) ;
- Kemudian praktikan diminta untuk menutup mata ;
- Setelah itu, praktikan diputar ke arah kanan sebanyak 3 kali.
- Setelah diputar praktikan ditegakkan kembali dan diminta membuka matanya ;
- Selanjutnya praktikan diminta merasakan apa yang terjadi.
- Hasil Percobaan :
- Setelah melakukan putaran dengan menundukkan kepala dan mata tertutup kemudian ditegakkan kembali dan membuka mata, kepala terasa pusing dan pandangan mata menjadi kabur (kunang-kunang) dan yang dilihat menjadi berputar-putar.
- Hasil sebenarnya :
Biasanya pandangan menjadi kabur atau berkunang-kunang (apa yang dilihat seperti berputar-putar)
- Kesimpulan :
- Untuk menguji keseimbangan, penderita diminta berdiri dan kemudian berjalan dalam satu garis lurus, awalnya dengan mata terbuka, kemudian dengan mata tertutup. Telinga dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:
- a. Bagian luar: Daun telinga, cuping telinga, liang telinga, dan membran thympany.
- b. Bagian tengah: Terdiri dari tulang-tulang pendengaran, yaitu: Maleus, Incus, dan Stapes. (MIS)
- c. Bagian dalam: Rumah siput (chochlea). Terdapat 2 cairan, yaitu: endolimph dan perilimph yang membuat kita seimbang saat berjalan.
- Daftar Pustaka :
- Murni, A.Y,. (2003). Gangguan Pendengaran Akibat Bising. http://library.usu.ac.id/. Di akses tanggal 7 arpil 2011
Selasa, 15 Maret 2011
:')
Bagaimana sesungguhnya refleks pada bayi itu? Bayi yang baru lahir bukanlah organisme yang isi kepalanya kosong dan tidak mengerti apapun juga. Disamping hal lainnya, bayi memiliki refleks dasar yang secara genetic merupakan mekanisme pertahanan hidupnya. Misalnya, bayi yang baru lahir tidak takut dengan air ; ia secara alamiah akan menahan nafasnya dan mengkontraksikan kerongkongannya untuk menjaga agar tidak kemasukan air.
Refleks mengatur gerakan gerakan bayi yang baru lahir. Sifat refleks ini adalah otomatis dan diluar kendali bayi yang baru lahir tersebut. Refleks ini merupakan reaksi yang inheren (built in) terhadap rangsangan tertentu dan bayi bayi kecil secara otomatis akan memberikan respons penyesuaian diri terhadap lingkungan mereka, sebelum mereka memiliki kesempatan untuk belajar lebih banyak. Berikut adalah beberapa macam refleks pada bayi:
Refleks menghisap (sucking reflex) terjadi ketika bayi yang baru lahir secara otomatis menghisap benda yang ditempatkan di mulut mereka. Refleks menghisap memudahkan bayi yang baru lahir untuk memperoleh makanan sebelum mereka mengasosiasikan puting susu dengan makanan.
Menghisap adalah refleks yang sangat penting pada bayi. Refleks ini merupakan rute bayi menuju pengenalan akan makanan. Kemampuan menghisap bayi yang baru lahir berbeda beda. Sebagian bayi yang baru lahir menghisap dengan efisien dan bertenaga untuk memperoleh susu, sementara bayi bayi lain tidak begitu terampil dan kelelahan bahkan sebelum mereka kenyang.
Kebanyakan bayi yang baru lahir memerlukan waktu beberapa minggu untuk mengembangkan suatu gaya menghisap yang dikoordinasikan dengan cara ibu memegang bayi, cara susu keluar dari botol atau payudara, serta dengan kecepatan dan temperamen bayi waktu menghisap. Refleks menghisap adalah suatu contoh refleks yang muncul saat lahir dan kemudian akan menghilang seiring dengan usia bayi.
Refleks mencari (rooting reflex) terjadi ketika pipi bayi diusap (dibelai) atau di sentuh bagian pinggir mulutnya. Sebagai respons, bayi itu memalingkan kepalanya ke arah benda yang menyentuhnya, dalam upaya menemukan sesuatu yang dapat dihisap.
Refleks menghisap dan mencari menghilang setelah bayi berusia sekitar 3 hingga 4 bulan. Refleks digantikan dengan makan secara sukarela. Refleks menghisap dan mencari adalah upaya untuk mempertahankan hidup bagi bayi mamalia atau binatang menyusui yang baru lahir, karena dengan begitu dia dapat menemukan susu ibu untuk memperoleh makanan.
Refleks moro (moro reflex) adalah suatu respon tiba tiba pada bayi yang baru lahir yang terjadi akibat suara atau gerakan yang mengejutkan. Ketika dikagetkan, bayi yang baru lahir itu melengkungkan punggungnya, melemparkan kepalanya kebelakang, dan merentangkan tangan dan kakinya.
Refleks moro adalah peninggalan nenek moyang primate kita dan refleks ini merupakan upaya untuk mempertahankan hidup. Refleks ini merupakan keadaan yang normal bagi semua bayi yang baru lahir, juga cenderung menghilang pada usia 3 hingga 4 bulan. Sentuhan yang lembut pada setiap bagian tubuh bayi akan menenangkan bayi yang sempat terkejut. Memegang lengan bayi yang dilenturkan pada bahu akan menenangkan bayi.
Refleks menggenggam (grasping reflex) tejadi ketika sesuatu menyentuh telapak tangan bayi. Bayi akan merespons dengan cara menggenggamnya kuat kuat. Pada akhir bulan ketika, refleks menggenggam berkurang dan bayi memperlihatkan suatu genggaman yang lebih spontan, yang sering dihasilkan dari rangasangan visual. Misalnya, ketika bayi melihat suatu gerakan yang berputar diatas tempat tidurnya, ia akan meraih dan mencoba menggenggamnya. Ketika perkembangan motoriknya semakin lancar, bayi akan menggenggam benda benda, menggunakannya secara hati hati, dan mengamati benda benda tersebut.
Refleks mengatur gerakan gerakan bayi yang baru lahir. Sifat refleks ini adalah otomatis dan diluar kendali bayi yang baru lahir tersebut. Refleks ini merupakan reaksi yang inheren (built in) terhadap rangsangan tertentu dan bayi bayi kecil secara otomatis akan memberikan respons penyesuaian diri terhadap lingkungan mereka, sebelum mereka memiliki kesempatan untuk belajar lebih banyak. Berikut adalah beberapa macam refleks pada bayi:
Refleks menghisap (sucking reflex) terjadi ketika bayi yang baru lahir secara otomatis menghisap benda yang ditempatkan di mulut mereka. Refleks menghisap memudahkan bayi yang baru lahir untuk memperoleh makanan sebelum mereka mengasosiasikan puting susu dengan makanan.
Menghisap adalah refleks yang sangat penting pada bayi. Refleks ini merupakan rute bayi menuju pengenalan akan makanan. Kemampuan menghisap bayi yang baru lahir berbeda beda. Sebagian bayi yang baru lahir menghisap dengan efisien dan bertenaga untuk memperoleh susu, sementara bayi bayi lain tidak begitu terampil dan kelelahan bahkan sebelum mereka kenyang.
Kebanyakan bayi yang baru lahir memerlukan waktu beberapa minggu untuk mengembangkan suatu gaya menghisap yang dikoordinasikan dengan cara ibu memegang bayi, cara susu keluar dari botol atau payudara, serta dengan kecepatan dan temperamen bayi waktu menghisap. Refleks menghisap adalah suatu contoh refleks yang muncul saat lahir dan kemudian akan menghilang seiring dengan usia bayi.
Refleks mencari (rooting reflex) terjadi ketika pipi bayi diusap (dibelai) atau di sentuh bagian pinggir mulutnya. Sebagai respons, bayi itu memalingkan kepalanya ke arah benda yang menyentuhnya, dalam upaya menemukan sesuatu yang dapat dihisap.
Refleks menghisap dan mencari menghilang setelah bayi berusia sekitar 3 hingga 4 bulan. Refleks digantikan dengan makan secara sukarela. Refleks menghisap dan mencari adalah upaya untuk mempertahankan hidup bagi bayi mamalia atau binatang menyusui yang baru lahir, karena dengan begitu dia dapat menemukan susu ibu untuk memperoleh makanan.
Refleks moro (moro reflex) adalah suatu respon tiba tiba pada bayi yang baru lahir yang terjadi akibat suara atau gerakan yang mengejutkan. Ketika dikagetkan, bayi yang baru lahir itu melengkungkan punggungnya, melemparkan kepalanya kebelakang, dan merentangkan tangan dan kakinya.
Refleks moro adalah peninggalan nenek moyang primate kita dan refleks ini merupakan upaya untuk mempertahankan hidup. Refleks ini merupakan keadaan yang normal bagi semua bayi yang baru lahir, juga cenderung menghilang pada usia 3 hingga 4 bulan. Sentuhan yang lembut pada setiap bagian tubuh bayi akan menenangkan bayi yang sempat terkejut. Memegang lengan bayi yang dilenturkan pada bahu akan menenangkan bayi.
Refleks menggenggam (grasping reflex) tejadi ketika sesuatu menyentuh telapak tangan bayi. Bayi akan merespons dengan cara menggenggamnya kuat kuat. Pada akhir bulan ketika, refleks menggenggam berkurang dan bayi memperlihatkan suatu genggaman yang lebih spontan, yang sering dihasilkan dari rangasangan visual. Misalnya, ketika bayi melihat suatu gerakan yang berputar diatas tempat tidurnya, ia akan meraih dan mencoba menggenggamnya. Ketika perkembangan motoriknya semakin lancar, bayi akan menggenggam benda benda, menggunakannya secara hati hati, dan mengamati benda benda tersebut.
Kamis, 10 Maret 2011
MATAHARI
Matahari atau juga disebut Surya (dari nama Dewa "Surya" - Dewa Matahari dalam kepercayaan Hindu) adalah bintang terdekat dengan Bumi dengan jarak rata-rata 149.680.000 kilometer (93.026.724 mil). Matahari serta kedelapan buah planet (yang sudah diketahui/ditemukan oleh manusia) membentuk Tata Surya. Matahari dikategorikan sebagai bintang kecil jenis G.
Ilustrasi struktur dari matahari
Matahari adalah suatu bola gas yang pijar dan ternyata tidak berbentuk bulat betul. Matahari mempunyai katulistiwa dan kutub karena gerak rotasinya. Garis tengah ekuatorialnya 864.000 mil, sedangkan garis tengah antar kutubnya 43 mil lebih pendek. Matahari merupakan anggota Tata Surya yang paling besar, karena 98% massa Tata Surya terkumpul pada matahari.
Di samping sebagai pusat peredaran, matahari juga merupakan pusat sumber tenaga di lingkungan tata surya. Matahari terdiri dari inti dan tiga lapisan kulit, masing-masing fotosfer, kromosfer dan korona. Untuk terus bersinar, matahari, yang terdiri dari gas panas menukar zat hidrogen dengan zat helium melalui reaksi fusi nuklir pada kadar 600 juta ton, dengan itu kehilangan empat juta ton massa setiap saat.
Matahari dipercayai terbentuk pada 4,6 miliar tahun lalu. Kepadatan massa matahari adalah 1,41 berbanding massa air. Jumlah tenaga matahari yang sampai ke permukaan Bumi yang dikenali sebagai konstan surya menyamai 1.370 watt per meter persegi setiap saat. Matahari sebagai pusat Tata Surya merupakan bintang generasi kedua. Material dari matahari terbentuk dari ledakan bintang generasi pertama seperti yang diyakini oleh ilmuwan, bahwasanya alam semesta ini terbentuk oleh ledakan big bang sekitar 14.000 juta tahun lalu.
Suhu
Jarak matahari ke bumi adalah 149.669.000 kilometer (93.000.000 mil). Jarak ini dikenal sebagai satuan astronomi dan biasa dibulatkan (untuk penyederhanaan hitungan) menjadi 148 juta km. Dibandingkan dengan bumi, diameter matahari kira-kira 112 kalinya. Gaya tarik matahari kira-kira 30 kali gaya tarik bumi. Sinar matahari menempuh masa delapan menit untuk sampai ke Bumi. Kuatnya pancaran sinar matahari dapat mengakibatkan kerusakan pada jaringan sensor mata dan mengakibatkan kebutaan.
Suhu
Menurut perhitungan para ahli, temperatur di permukaan matahari sekitar 6.000 °C namun ada juga yang menyebutkan suhu permukaan sebesar 5.500 °C. Jenis batuan atau logam apapun yang ada di Bumi ini akan lebur pada suhu setinggi itu. Temperatur tertinggi terletak di bagian tengahnya yang diperkirakan tidak kurang dari 25 juta derajat Celsius namun disebutkan juga kalau suhu pada intinya 15 juta derajat Celsius. Ada pula yang menyebutkan temperatur di inti matahari kira kira sekitar 13.889.000 °C. Menurut JR Meyer, panas matahari berasal dari batu meteor yang berjatuhan dengan kecepatan tinggi pada permukaan matahari. Sedangkan menurut teori kontraksi H Helmholz, panas itu berasal dari menyusutnya bola gas. Ahli lain, Dr Bothe menyatakan bahwa panas tersebut berasal dari reaksi-reaksi termonuklir yang juga disebut reaksi hidrogen helium sintetis.
Ilustrasi struktur dari matahari
Matahari adalah suatu bola gas yang pijar dan ternyata tidak berbentuk bulat betul. Matahari mempunyai katulistiwa dan kutub karena gerak rotasinya. Garis tengah ekuatorialnya 864.000 mil, sedangkan garis tengah antar kutubnya 43 mil lebih pendek. Matahari merupakan anggota Tata Surya yang paling besar, karena 98% massa Tata Surya terkumpul pada matahari.
Di samping sebagai pusat peredaran, matahari juga merupakan pusat sumber tenaga di lingkungan tata surya. Matahari terdiri dari inti dan tiga lapisan kulit, masing-masing fotosfer, kromosfer dan korona. Untuk terus bersinar, matahari, yang terdiri dari gas panas menukar zat hidrogen dengan zat helium melalui reaksi fusi nuklir pada kadar 600 juta ton, dengan itu kehilangan empat juta ton massa setiap saat.
Matahari dipercayai terbentuk pada 4,6 miliar tahun lalu. Kepadatan massa matahari adalah 1,41 berbanding massa air. Jumlah tenaga matahari yang sampai ke permukaan Bumi yang dikenali sebagai konstan surya menyamai 1.370 watt per meter persegi setiap saat. Matahari sebagai pusat Tata Surya merupakan bintang generasi kedua. Material dari matahari terbentuk dari ledakan bintang generasi pertama seperti yang diyakini oleh ilmuwan, bahwasanya alam semesta ini terbentuk oleh ledakan big bang sekitar 14.000 juta tahun lalu.
Suhu
Jarak matahari ke bumi adalah 149.669.000 kilometer (93.000.000 mil). Jarak ini dikenal sebagai satuan astronomi dan biasa dibulatkan (untuk penyederhanaan hitungan) menjadi 148 juta km. Dibandingkan dengan bumi, diameter matahari kira-kira 112 kalinya. Gaya tarik matahari kira-kira 30 kali gaya tarik bumi. Sinar matahari menempuh masa delapan menit untuk sampai ke Bumi. Kuatnya pancaran sinar matahari dapat mengakibatkan kerusakan pada jaringan sensor mata dan mengakibatkan kebutaan.
Suhu
Menurut perhitungan para ahli, temperatur di permukaan matahari sekitar 6.000 °C namun ada juga yang menyebutkan suhu permukaan sebesar 5.500 °C. Jenis batuan atau logam apapun yang ada di Bumi ini akan lebur pada suhu setinggi itu. Temperatur tertinggi terletak di bagian tengahnya yang diperkirakan tidak kurang dari 25 juta derajat Celsius namun disebutkan juga kalau suhu pada intinya 15 juta derajat Celsius. Ada pula yang menyebutkan temperatur di inti matahari kira kira sekitar 13.889.000 °C. Menurut JR Meyer, panas matahari berasal dari batu meteor yang berjatuhan dengan kecepatan tinggi pada permukaan matahari. Sedangkan menurut teori kontraksi H Helmholz, panas itu berasal dari menyusutnya bola gas. Ahli lain, Dr Bothe menyatakan bahwa panas tersebut berasal dari reaksi-reaksi termonuklir yang juga disebut reaksi hidrogen helium sintetis.
Rabu, 23 Februari 2011
Pembahasan tentang Metode Ilmiah
Metode ilmiah atau proses ilmiah merupakan proses keilmuan untuk memperoleh pengetahuan secara sistematis berdasarkan bukti fisis. Ilmuwan melakukan observasi serta membentuk hipotesis dalam usahanya untuk menjelaskan fenomena alam. Prediksi yang dibuat berdasarkan hipotesis tersebut diuji dengan melakukan eksperimen. Jika suatu hipotesis lolos uji berkali-kali, hipotesis tersebut dapat menjadi suatu teori ilmiah.
Metode ilmiah ciri-ciri keilmuan:
a.Rasional: sesuatu yang masuk akal dan terjangkau oleh penalaran manusia
b.Empiris: menggunakan cara-cara tertentu yang dapat diamati dengan menggunakan panca indera
c.Sistematis: menggunakan proses dengan langkah-langkah logis.
a.Rasional: sesuatu yang masuk akal dan terjangkau oleh penalaran manusia
b.Empiris: menggunakan cara-cara tertentu yang dapat diamati dengan menggunakan panca indera
c.Sistematis: menggunakan proses dengan langkah-langkah logis.
Sifat Metode Ilmiah :
a.Efisien dalam penggunaan sumber daya (tenaga, biaya, waktu)
b.Terbuka (dapat dipakai oleh siapa saja)
c.Teruji (prosedurnya logis dalam memperoleh keputusan)
a.Efisien dalam penggunaan sumber daya (tenaga, biaya, waktu)
b.Terbuka (dapat dipakai oleh siapa saja)
c.Teruji (prosedurnya logis dalam memperoleh keputusan)
Pola pikir metode ilmiah :
Induktif: Pengambilan kesimpulan dari kasus yang bersifat khusus menjadi kesimpulan yang bersifat umum
Deduktif: Pengambilan kesimpulan dari hal yang bersifat umum menjadi kasus yang bersifat khusus
Langkah-langkah Metode Ilmiah :
Observasi awal:
Setelah topik yang akan diteliti dalam proyek ilmiah ditentukan, langkah pertama untuk melakukan proyek ilmiah adalah melakukan observasi awal untuk mengumpulkan informasi segala sesuatu yang berhubungan dengan topik tersebut melalui pengalaman, berbagai sumber ilmu pengetahuan, berkonsultasi dengan ahli yang sesuai.
• Gunakan semua referensi: buku, jurnal, majalah, koran, internet, interview, dll.
• Kumpulkan informasi dari ahli: instruktur, peneliti, insinyur, dll.
• Lakukan eksplorasi lain yang berhubungan dengan topik.
Mengidentifikasi masalah:
Permasalahan merupakan pertanyaan ilmiah yang harus diselesaikan. Permasalahan dinyatakan dalam pertanyaan terbuka yaitu pertanyaan dengan jawaban berupa suatu pernyataan, bukan jawaban ya atau tidak. Sebagai contoh: Bagaimana cara menyimpan energi surya di rumah?
• Batasi permasalahan seperlunya agar tidak terlalu luas.
• Pilih permasalahan yang penting dan menarik untuk diteliti.
• Pilih permasalahan yang dapat diselesaikan secara eksperimen.
Merumuskan atau menyatakan hipotesis:
Hipotesis merupakan suatu ide atau dugaan sementara tentang penyelesaian masalah yang diajukan dalam proyek ilmiah. Hipotesis dirumuskan atau dinyatakan sebelum penelitian yang seksama atas topik proyek ilmiah dilakukan, karenanya kebenaran hipotesis ini perlu diuji lebih lanjut melalui penelitian yang seksama. Yang perlu diingat, jika menurut hasil pengujian ternyata hipotesis tidak benar bukan berarti penelitian yang dilakukan salah.
• Gunakan pengalaman atau pengamatan lalu sebagai dasar hipotesis
• Rumuskan hipotesis sebelum memulai proyek eksperimen
Melakukan Eksperimen:
Eksperimen dirancang dan dilakukan untuk menguji hipotesis yang diajukan. Perhitungkan semua variabel, yaitu semua yang berpengaruh pada eksperimen. Ada tiga jenis variabel yang perlu diperhatikan pada eksperimen: variabel bebas, variabel terikat, dan variabel kontrol.
Varibel bebas merupakan variabel yang dapat diubah secara bebas. Variabel terikat adalah variabel yang diteliti, yang perubahannya bergantung pada variabel bebas. Variabel kontrol adalah variabel yang selama eksperimen dipertahankan tetap.
• Usahakan hanya satu variabel bebas selama eksperimen.
• Pertahankan kondisi yang tetap pada variabel-variabel yang diasumsikan konstan.
• Lakukan eksperimen berulang kali untuk memvariasi hasil.
• Catat hasil eksperimen secara lengkap dan seksama.
Menyimpulkan hasil eksperimen:
Kesimpulan proyek merupakan ringkasan hasil proyek eksperimen dan pernyataan bagaimana hubungan antara hasil eksperimen dengan hipotesis. Alasan-alasan untuk hasil eksperimen yang bertentangan dengan hipotesis termasuk di dalamnya. Jika dapat dilakukan, kesimpulan dapat diakhiri dengan memberikan pemikiran untuk penelitian lebih lanjut.
Jika hasil eksperimen tidak sesuai dengan hipotesis:
• Jangan ubah hipotesis
• Jangan abaikan hasil eksperimen
• Berikan alasan yang masuk akal mengapa tidak sesuai
• Berikan cara-cara yang mungkin dilakukan selanjutnya untuk menemukan penyebab ketidaksesuaian
• Bila cukup waktu lakukan eksperimen sekali lagi atau susun ulang eksperimen.
Setelah topik yang akan diteliti dalam proyek ilmiah ditentukan, langkah pertama untuk melakukan proyek ilmiah adalah melakukan observasi awal untuk mengumpulkan informasi segala sesuatu yang berhubungan dengan topik tersebut melalui pengalaman, berbagai sumber ilmu pengetahuan, berkonsultasi dengan ahli yang sesuai.
• Gunakan semua referensi: buku, jurnal, majalah, koran, internet, interview, dll.
• Kumpulkan informasi dari ahli: instruktur, peneliti, insinyur, dll.
• Lakukan eksplorasi lain yang berhubungan dengan topik.
Mengidentifikasi masalah:
Permasalahan merupakan pertanyaan ilmiah yang harus diselesaikan. Permasalahan dinyatakan dalam pertanyaan terbuka yaitu pertanyaan dengan jawaban berupa suatu pernyataan, bukan jawaban ya atau tidak. Sebagai contoh: Bagaimana cara menyimpan energi surya di rumah?
• Batasi permasalahan seperlunya agar tidak terlalu luas.
• Pilih permasalahan yang penting dan menarik untuk diteliti.
• Pilih permasalahan yang dapat diselesaikan secara eksperimen.
Merumuskan atau menyatakan hipotesis:
Hipotesis merupakan suatu ide atau dugaan sementara tentang penyelesaian masalah yang diajukan dalam proyek ilmiah. Hipotesis dirumuskan atau dinyatakan sebelum penelitian yang seksama atas topik proyek ilmiah dilakukan, karenanya kebenaran hipotesis ini perlu diuji lebih lanjut melalui penelitian yang seksama. Yang perlu diingat, jika menurut hasil pengujian ternyata hipotesis tidak benar bukan berarti penelitian yang dilakukan salah.
• Gunakan pengalaman atau pengamatan lalu sebagai dasar hipotesis
• Rumuskan hipotesis sebelum memulai proyek eksperimen
Melakukan Eksperimen:
Eksperimen dirancang dan dilakukan untuk menguji hipotesis yang diajukan. Perhitungkan semua variabel, yaitu semua yang berpengaruh pada eksperimen. Ada tiga jenis variabel yang perlu diperhatikan pada eksperimen: variabel bebas, variabel terikat, dan variabel kontrol.
Varibel bebas merupakan variabel yang dapat diubah secara bebas. Variabel terikat adalah variabel yang diteliti, yang perubahannya bergantung pada variabel bebas. Variabel kontrol adalah variabel yang selama eksperimen dipertahankan tetap.
• Usahakan hanya satu variabel bebas selama eksperimen.
• Pertahankan kondisi yang tetap pada variabel-variabel yang diasumsikan konstan.
• Lakukan eksperimen berulang kali untuk memvariasi hasil.
• Catat hasil eksperimen secara lengkap dan seksama.
Menyimpulkan hasil eksperimen:
Kesimpulan proyek merupakan ringkasan hasil proyek eksperimen dan pernyataan bagaimana hubungan antara hasil eksperimen dengan hipotesis. Alasan-alasan untuk hasil eksperimen yang bertentangan dengan hipotesis termasuk di dalamnya. Jika dapat dilakukan, kesimpulan dapat diakhiri dengan memberikan pemikiran untuk penelitian lebih lanjut.
Jika hasil eksperimen tidak sesuai dengan hipotesis:
• Jangan ubah hipotesis
• Jangan abaikan hasil eksperimen
• Berikan alasan yang masuk akal mengapa tidak sesuai
• Berikan cara-cara yang mungkin dilakukan selanjutnya untuk menemukan penyebab ketidaksesuaian
• Bila cukup waktu lakukan eksperimen sekali lagi atau susun ulang eksperimen.
Senin, 21 Februari 2011
Manusia makhluk yang ingin tahu
Manusia dianugerahi oleh Allah berbeda dengan makhluk yang lain. Bedanya ada pada akal budi yang hewan dan tumbuhan tidak punya. Adanya akal budi membuat manusia memiliki rasa penasaran atau ingin tahu akan sesuatu. Rasa ingin tahu dalam diri manusia bisa menghasilkan sebuah pengetahuan. Munculnya rasa ingin tahu itu alamiah dalam diri manusia. Apalagi saat melihat hal-hal yang baru pasti rasa ingin tahunya besar sekali. Dari saat kita kecil rasa ingin tahu sudah ada. Bisa dilihat sekarang anak kecil banyak yang kritis dengan banyak bertanya hal baru yang tidak diketahui. Rasa ingin tahu itu semakin banyak karena berkembangnya otak manusia. Pengetahuan merupakan hasil dari rasa ingin tahu yang sudah diteliti sebelumnya yang kemudian didapatkan penyelesaiannya.
Saya mengambil contoh nyata tentang penemu antivirus ARTAV yaitu Arrival Dwi Sentosa remaja kelas 2 yang masih bersekolah menengah pertama di SMP Negeri 48 Bandung. Fasilitas yang dimiliki Artav Antivirus pun bagus. Artav Antivirus didukung oleh fitur Realtime Protection, Mail Scanner, Link Scanner & USB protected sampai Anti Hacker. Bahkan, di versi teranyarnya, Artav 2.4 memasukkan fitur Rootkit dan Worm Detector. Artav Antivirus, sampai saat ini mampu mendiagnosa hampir 2000 varian virus. Dan tentu perbendaharaan varian databasenya akan terus bertambah seiring berjalanya waktu.Saat ini antivirusnya telah diunduh sebanyak 1,3 juta orang di seluruh dunia, antivirus ini mampu melumpuhkan sekitar 1.300 virus baik lokal maupun internasional. Berkat prestasinya, ia pun diundang oleh civitas akademika ITB untuk memberikan kuliah umum. Roy Suryo pun mengakui bahwa pola pikir anak ini telah mampu melampaui anak seusianya. Saat itu saya mendengar tentang proses pembuatannya, sebenarnya Ival (sapaan akrab Arrival) membutuhkan waktu 1 tahun. Itupun secara otodidak. Awal ketertarikan Ival dengan virus dimulai karena kesal komputer di rumahnya sering terkena virus. Disitu Ival mulai penasaran dengan kinerja virus yang menyerangnya, dia lalu mencari referensi dari buku & Internet lalu terjun mempelajari visual basic. Sampai pada akhirnya dicapailah sebuah penemuan yang mutakhir ini. Untuk urusan desain tampilan Artav Antivirus Ival dibantu oleh kakaknya, Taufik Aditya Utama. Yang juga masih bersekolah di bangku kelas 2, SMA 25 Negeri Bandung. Itu sebabnya antivirus ini dinamakan Artav, yang berarti singkatan dari Arrival Taufik Antivirus.
Sebenarnya masih banyak sekali contoh nyata lainnya yang mungkin lebih sederhana dan banyak kita jumpai. Seperti yang saya jelaskan yaitu anak kecil yang masih TK yang saat ini mulai kritis dengan pertanyaan-pertanyaan mengenai hal-hal baru yang diterimanya saat di sekolah, atau dilihat melalui televisi. Pertanyaan-pertanyaan itu muncul karena rasa ingin tahu anak tersebut yang munculnya secara bertubi-tubi sampai anak itu puas akan jawaban dari rasa ingin tahunya tersebut.
Berbagai cara yang sudah kita lakukan untuk dapat bertahan dalam kehidupan ini sebenarnya juga merupakan tujuan dari rasa ingin tahu yang sesungguhnya karena kita memiliki akal budi meskipun kita belum dapat menciptakan suatu pengetahuan yang berguna untuk kita dan orang lain. Karena sesungguhnya, untuk dapat menciptakan sebuah pengetahuan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan yaitu kita harus memiliki hasrat yang besar untuk mencari tahu kebenaran dari rasa ingin tahu yang kita miliki.
Saya mengambil contoh nyata tentang penemu antivirus ARTAV yaitu Arrival Dwi Sentosa remaja kelas 2 yang masih bersekolah menengah pertama di SMP Negeri 48 Bandung. Fasilitas yang dimiliki Artav Antivirus pun bagus. Artav Antivirus didukung oleh fitur Realtime Protection, Mail Scanner, Link Scanner & USB protected sampai Anti Hacker. Bahkan, di versi teranyarnya, Artav 2.4 memasukkan fitur Rootkit dan Worm Detector. Artav Antivirus, sampai saat ini mampu mendiagnosa hampir 2000 varian virus. Dan tentu perbendaharaan varian databasenya akan terus bertambah seiring berjalanya waktu.Saat ini antivirusnya telah diunduh sebanyak 1,3 juta orang di seluruh dunia, antivirus ini mampu melumpuhkan sekitar 1.300 virus baik lokal maupun internasional. Berkat prestasinya, ia pun diundang oleh civitas akademika ITB untuk memberikan kuliah umum. Roy Suryo pun mengakui bahwa pola pikir anak ini telah mampu melampaui anak seusianya. Saat itu saya mendengar tentang proses pembuatannya, sebenarnya Ival (sapaan akrab Arrival) membutuhkan waktu 1 tahun. Itupun secara otodidak. Awal ketertarikan Ival dengan virus dimulai karena kesal komputer di rumahnya sering terkena virus. Disitu Ival mulai penasaran dengan kinerja virus yang menyerangnya, dia lalu mencari referensi dari buku & Internet lalu terjun mempelajari visual basic. Sampai pada akhirnya dicapailah sebuah penemuan yang mutakhir ini. Untuk urusan desain tampilan Artav Antivirus Ival dibantu oleh kakaknya, Taufik Aditya Utama. Yang juga masih bersekolah di bangku kelas 2, SMA 25 Negeri Bandung. Itu sebabnya antivirus ini dinamakan Artav, yang berarti singkatan dari Arrival Taufik Antivirus.
Sebenarnya masih banyak sekali contoh nyata lainnya yang mungkin lebih sederhana dan banyak kita jumpai. Seperti yang saya jelaskan yaitu anak kecil yang masih TK yang saat ini mulai kritis dengan pertanyaan-pertanyaan mengenai hal-hal baru yang diterimanya saat di sekolah, atau dilihat melalui televisi. Pertanyaan-pertanyaan itu muncul karena rasa ingin tahu anak tersebut yang munculnya secara bertubi-tubi sampai anak itu puas akan jawaban dari rasa ingin tahunya tersebut.
Berbagai cara yang sudah kita lakukan untuk dapat bertahan dalam kehidupan ini sebenarnya juga merupakan tujuan dari rasa ingin tahu yang sesungguhnya karena kita memiliki akal budi meskipun kita belum dapat menciptakan suatu pengetahuan yang berguna untuk kita dan orang lain. Karena sesungguhnya, untuk dapat menciptakan sebuah pengetahuan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan yaitu kita harus memiliki hasrat yang besar untuk mencari tahu kebenaran dari rasa ingin tahu yang kita miliki.
Senin, 17 Januari 2011
budaya
Kebudayaan mrupkan hsl krya manusia..
Hsil2 kbudayaan bsa brupa ksenian..
Seni lukis,seni batik,seni wayang,seni drama,dll..
Negara kita terkenal dgn ksenian'y..
Seni tari yg diperlihatkan oleh penari Didi Nini Thowok sudah bnyak dkenal di negara lain..
Mka dr itu nlai jualnya tinggi sekali..
Bnyak wisatawan asing yg datang k negara kita untk mempelajari bnyak seni karya orang Indonesia..
Maka dr itu,kesenian ini harus kita lestarikan..
Hsil2 kbudayaan bsa brupa ksenian..
Seni lukis,seni batik,seni wayang,seni drama,dll..
Negara kita terkenal dgn ksenian'y..
Seni tari yg diperlihatkan oleh penari Didi Nini Thowok sudah bnyak dkenal di negara lain..
Mka dr itu nlai jualnya tinggi sekali..
Bnyak wisatawan asing yg datang k negara kita untk mempelajari bnyak seni karya orang Indonesia..
Maka dr itu,kesenian ini harus kita lestarikan..
Sabtu, 15 Januari 2011
seseorang
Gundah..
Gelisah..
Senyum..
Tawa..
Smua itu mncul ktka aku tlah mngnal sosok itu..
Sosok dmana aku bsa jd driku sndri..
Dan sosok itupun yg mmbwt aku nyman ktika aku menumpahkan smw keluh ksahku..
Sungguh aku tkt khlangn sosok itu..
Aku ingn sgra brtmu dgn sosok itu..
Aku ingn sosok itu jd sndran hti untukku..
Krn kbaikan dan p'htiannya mmbwtku nyman..
Apakah km sosok itu?
Gelisah..
Senyum..
Tawa..
Smua itu mncul ktka aku tlah mngnal sosok itu..
Sosok dmana aku bsa jd driku sndri..
Dan sosok itupun yg mmbwt aku nyman ktika aku menumpahkan smw keluh ksahku..
Sungguh aku tkt khlangn sosok itu..
Aku ingn sgra brtmu dgn sosok itu..
Aku ingn sosok itu jd sndran hti untukku..
Krn kbaikan dan p'htiannya mmbwtku nyman..
Apakah km sosok itu?
Rabu, 12 Januari 2011
Indonesia
Indonesia negara yang terdiri dari beranekaragam suku,budaya,bangsa,adat istiadat. Setiap bangsa di indonesia memliki ciri khas yang berbeda. Karena adanya perbedaan itu membuat bangsa indonesia memiliki rasa persatuan. Indonesia jga memiliki berbagai pulau yang indah dan memiliki banyak tempat wisata. Salah satu pulau yang memiliki banyak tempat wisata,ksenian,dan budaya lainnya adalah Bali. Di daerah Ubud di Bali banyak sekali kesenia lukisan yang dapat kita lihat. Bali juga memliki berbagai macam tempat wisata sperti pantai Kuta,Pantai Sanur,Sangeh,dll. Semua keindahan pulau bali itu menambah nilai jual bagi negara indonesia. Karena itu banyak sekali wisatawan asing yang datang ke Bali...
Klaim
Budaya yang merupakan ciri khas dari setiap bangsa ang dimiliki indonesia sudah mulai banyak diklaim oleh negara lain. Hal ini mengakibatkan pemerintah indonesia harus mengambil kembali budaya yang telah diklaim. Contoh yang sudah dikali adalah kesenian batik dan reog ponorogo. Padahal kesenian batik itu sudah jelas merupakan kesenian dari yogyakarta dan pekalongan,dan reog dari jawa timur. Bangsa indonesia sudah saatnya trus menghasilkan karya-karya yang membuat negara lain tau dan mengakui bahwa karya-karya tersebut milik bangsa kita dan bukan milik negara lain yang mencoba mengklaimnya....
Sepenggal Kenangan di Istanaku
canda tawa...
senda gurau...
keributan...
semua itu ada dalam istana yang aku tinggali...
saat aku pergi merantau untuk mencari pengalaman...
aku rindu akan hal hal dalam istanaku...
tetapi aku tak bisa kembali,karena aku ada di rantau...
membantu orang tua mencari penghasilan...
aku ingin membantu adik kakaku agar berkecukupan...
walaupun hidupku di rantau sangat sulit,tp aku yakin aku bisa...
aku bisa melakukan apapun yang halal demi sesuap nasi,dan demi orang orang yang kusayang di istanaku...
aku rindui istanaku...
aku rindui kota kelahiranku...
walaupun begitu,aku hanya ingin doa kalian menyertaiku selalu yang ada di tanah rantau ini...
senda gurau...
keributan...
semua itu ada dalam istana yang aku tinggali...
saat aku pergi merantau untuk mencari pengalaman...
aku rindu akan hal hal dalam istanaku...
tetapi aku tak bisa kembali,karena aku ada di rantau...
membantu orang tua mencari penghasilan...
aku ingin membantu adik kakaku agar berkecukupan...
walaupun hidupku di rantau sangat sulit,tp aku yakin aku bisa...
aku bisa melakukan apapun yang halal demi sesuap nasi,dan demi orang orang yang kusayang di istanaku...
aku rindui istanaku...
aku rindui kota kelahiranku...
walaupun begitu,aku hanya ingin doa kalian menyertaiku selalu yang ada di tanah rantau ini...
Pandangan Hidup
Setiap manusia melakukan sesuatu pasti ada tujuannya. Jangan pernah berfikir apa yang kita lakukan semua tidak ada tujuannya. Orang yang berfikir seperti itu pasti orang yang tidak pernah berfikir tentang hal-hal yang dia lakukan. Dia hanya ingin melakukan saja tanpa adanya pemikiran melakukan itu. Coba untuk mengubah pola pikir yang seperti ini. Bisa dimulai seperti melakukan sesuatu hal lihat apa ada tujuan yang bisa kamu ambil dalam kegiatan yang dilakukan itu. Sayangi dirimu dengan melakukan sesuatu yang memiliki tujuan...
Langganan:
Postingan (Atom)